keislaman

Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah, Begini lafadz dan Kapan dibacanya

Written by admin · 1 min read >
Doa awal dan akhir tahun

Santri asyik – Diujung Tahun hijriyah ini tak lupa penulis mengingatkan untuk diri sendiri pada akhir tahun ini seyogyanya kita mengoreksi diri kita, apakah ditahun ini banyak melakukan keburukan atau kebaikan.

Keputusan awal tahun baru islam 1443 H itu jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Untuk meramaikan dan mengisi Tahun Baru Islam 1443 H ini kita bisa memakai twibbon dari santri untuk dipasang diprofil media sosial kita atau kita posting distatus-status kita info selengkapnya klik disini.

 

Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun Hijriyah

Pada momentum ini kita sebagai umat Islam ada baiknya diakhir tahun 1442H kita isi dengan doa. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan doa Akhir Tahun 1442H dan kapan waktu membacanya.

Tak luput dari itu pula, akhir tahun akan ada awal tahun islam 1443 H. Pada awal tahun baru hijriyah pada saat artikel ini dibuat adalah 1443 H. Sebaiknya kita mengawali awal tahun baru islam 1443 H ini dengan doa juga agar ketika kita menjalani tahun ini menjadi berkah dan apa yang kita inginkan bisa tercapai.

 

Lafal Doa Akhir Tahun

Berikut ini doa warid akhir tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW. Doa akhir tahun ini dibaca sebanyak 3x sebelum waktu maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma Mâ ‘amiltu Min ‘amalin Fî Hâdzihis Sanati Mâ Nahaitanî ‘anhu, Wa Lam Atub Minhu, Wa Hamalta Fîhâ ‘alayya Bi Fadhlika Ba‘da Qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, Wa Da‘autanî Ilat Taubati Min Ba‘di Jarâ’atî ‘alâ Ma‘shiyatik. Fa Innî Astaghfiruka, Faghfirlî Wa Mâ ‘amiltu Fîhâ Mimmâ Tardhâ, Wa Wa‘attanî ‘alaihits Tsawâba, Fa’as’aluka An Tataqabbala Minnî Wa Lâ Taqtha‘ Rajâ’î Minka Yâ Karîm.

Artinya:“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

 

Lafal Doa Awal Tahun

Doa awal tahun ini dibaca sebanyak 3x pada saat malam 1 muharram, yaitu pada saat tahun baru islam 1443 H. Berikut ini adalah doa awal tahun yang dibaca dengan harapan Allah menganugerahkan rahmat, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat husnul khatimah, dan berbagai kebaikan lainnya.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma Antal Abadiyyul Qadîmul Awwal. Wa ‘alâ Fadhlikal ‘azhîmi Wa Karîmi Jûdikal Mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun Jadîdun Qad Aqbal. As’alukal ‘ishmata Fîhi Minas Syaithâni Wa Auliyâ’ih, Wal ‘auna ‘alâ Hâdzihin Nafsil Ammârati Bis Sû’i, Wal Isytighâla Bimâ Yuqarribunî Ilaika Zulfâ, Yâ Dzal Jalâli Wal Ikrâm.

Artinya:“Tuhanku, Kau Yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Written by admin
Share The Voice Of Santri Nusantara Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *